2017 Penanganan Bencana Sinabung Harus Selesai
 
Penanganan  relokasi mandiri tahap II dan Huntara bagi korban bencana Sinabung di Kabupaten Karo, pemerintah pusat beri tenggang waktu hingga Tahun 2017 akhir. Dan tidak boleh nambah waktu lagi.
 
Tenaga Ahli Utama Kediputian Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Budaya serta Ekologi Strategis Abetnego Tarigan mengungkapkan pada analisa Kamis (6/4) saat menghadiri runggu percepatan penanganan dampak bencana di kantor Bupati Karo,  Presiden Jokowi melalui tim Kepalah Staf Kepresidenan telah memberikan, batas waktu terkait penanganan relokasi mandiri tahap II dan hunian sementara wajib selesai Tahun 2017 ini.
Bagaimanapun caranya Tahun 2017 akhir permasalahan penanganan korban erupsi Sinabung harus tuntas. Pemerintah pusat tidak mau memberikan perpanjangan waktu, karena waktu diberikan dalam penanganan dari Tahun 2015 melanjut ke Tahun 2016 hingga kini  dianggap cukup.
Warning pemerintah pusat ke Pemkab Karo, jika percepatan penanganan  dampak bencana tidak selesai, sebagaimana batas waktu di tentukan, Pemkab harus siap dengan resiko jika, bantuan-bantuan dijanjikan akan dialihkan ke tempat lain, dan pemerintah pusat tidak mau ambil pusing lagi, semua persoalan  bencana penanganannya di limpahkan ke daerah.
 
Sebelum itu terjadi, harapan runggu (musyawarah) membicarakan percepatan penanganan korban dampak erupsi Sinabung, dilaksanakan hari ini harus membuahkan kesimpulan bahwa, semua pihak harus kerjasama mengupayakan agar penanganan dampak bencana selesai tanpa ulur waktu.
Tim Kepalah Staf Kepresidenan hadir disini sangat mengharapkan pekerjaan yang telah dikerjakan Pemkab Karo selesai  cepat, agar pekerjaan lain yang pengusulannya baru menyusul segera dikerjakan.
Menyangkut itu pembengkakan data penerima lahan atau sewa rumah hingga 3.000, tambahan dana 16 juta peruntukan rumah, penambahan luas lahan warga terdampak yang hingga kini  pemerintah pusat tidak bisa janjikan, akan di respon cepat mengingat penanganan  relokasi mandiri untuk 1.682 kepalah keluarga dan hunian sementara bagi pengungsi di delapan posko masih ngambang atau belum diselesaikan pemerintah daerah.
 
Satu hal lagi guna hindari meluasnya masalah hendaklah di selesaikan dengan jalan musyawarah, dan jalankan budaya kearifan lokal. Terkait penanganan relokasi tahap III peruntukan 1063 kepalah keluarga dari Singgarang-garang, Mardinding, Sukanalu, Dusun Lau Kawar, pemerintah pusat sudah siapkan dana, tinggal saja terganjal dengan pengerjaan huntara dan relokasi tahap II belum selesai maka dana itu belum di kucurkan ke warga.
Dan point tuntutan  runggu seperti percepatan penanganan dampak bencana erupsi Sinabung, seperti penanganan jalur lahar dingin, jembatan, evakuasi dan irigasi, jatah hidup, beasiswa pendidikan dan fasilitas kesehatan bantuan pertanian.  penyediaan infrastruktur, fasilitas penghidupan yang layak di Huntara, KIS, KIP, KKS bisa saja di gulirkan ke warga terdampak namun  pekerjaan dituntaskan dulu.
Tambahan perihal pengelolaan dana Pemkab Karo dalah hal ini BPBD Karo diminta transparansi dan akuntabel terhadap pengelolaan dana APBN yang telah diberikan kepada Kabupaten Karo berupa dana hibah rehabilitasi rekontruksi  relokasi mandiri tahap kedua sebesar Rp 190 Miliar.
Begitu juga dengan pengelolaan dana siap pakai dalam rangka percepatan relokasi 370 KK pada 3 desa, masing-masing Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sukameriah untuk penanganan darurat bencana Sinabung di Siosar, Kecamatan Merek pada tahun 2015 dengan pagu anggaran  Rp 76.576.423.500. Sebagaimana perna disampaikan Deputy BPKP Bidang Polsoskam Pusat, Dr Binsar Simanjuntak, bersama  Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB RI Ir Hermansyah saat kunjungan ke karo belum lama ini.
 
Runggu percepatan penanganan bencana hadir Bupati, Wakil Bupati  dan SKPD, DPRD, Kodim 0205/Tanah Karo, Kejari, Polres, BPBD, tokoh agama, lembaga kemasyarakatan, perwakilan pengungsi dan desa terdampak Sinabung. Turut hadir perwakilan Moderamen GBKP sebagai fasilitator.
Didik/analisa
 
 
Attachments:
Download this file (170405KompilasiRungguKabupatenApril2017v2.xlsx)170405KompilasiRungguKabupatenApril2017v2.xlsx[Kompilasi Runggu]45 kB
Tanggal hari ini:
Dikelola oleh:
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo
Jalan Djamin Ginting Nomor 17 Kabanjahe Sumatera Utara